GREEN CANYON

Green Canyon hanya istilah yang membuat tempat itu terkenal,dengan jarak kurang lebih 45 km dari pantai pangandaran tibalah dityempat ini, lalu kita harus menaiki perahu dengan tiket 70.ooo bisa diisi maximal 6 orang,setelah berlayar mengarungi sungai dalam tibalah di green canyon pemandangan indah dengan batu sendimentasi beratus tahun lalu hingga membentuk dengan kucuran air dari atas ,bisajuga berenang suhu sekitar dingin karena tidak ada matahari
seperti memasuki gua namun masih ada celahnya.CERITA LAINYA

Nama Green Canyon dipopulerkan oleh seorang Perancis pada thn 1993. Nama aslinya Cukang Taneuh. Green Canyon memiliki keunikan tersendiri. Dari perjalanannya sendiri dgn ketinting dari dermaga selama 30 menit kita akan senang melewati sungai dgn air berwarna hijau tosca (kalau lagi nggak hujan). Dalam perjalanan kita melihat kehidupan di bantaran sungai. Sesekali terlihat biawak, ular (jangan kawatir hanya ular kadut) dan penduduk yg sedang mancing atau menjala ikan.

Mendekati Cukang Taneuh, kita disuguhi pemandangan sungai dgn sedikit jeram dgn alur sempit dimana perahu sudah tidak bisa meneruskan perjalanan krn cadiknya yg lebar. Kapasitas parkirnya juga terbatas. Jadi kita ditunggu dlm waktu yg tidak terlalu lama, atau perahu keluar dan kembali lagi dlm waktu yg kita tentukan.

Disini air sangat jernih kebirua-biruan. Utk melihat keunikan yg sesungguhnya; kita disarankan utk terus keatas dgn berenang (ada tersedia penyewaaan ban) atau merayap di tepi batu. Perjalanan ini sepenuhnya aman. Anak-anak 6 thn keatas; dpt ikut menggunakan ban dan panduan - life guard pemilik perahu yg kita sewa. Sepanjang perjalanan,kita akan terus berada di cekungan dgn dinding terjal di kanan kiri; sebgn dinding menyerupai gua dgn atap yg sudah runtuh.

Di bagian tertentu masih tersisa stalaktit2 dimana air tanah menetes. Setelah beberapa ratus meter berenang; kita akan melihat bbrp air Terjun kecil dikiri kanan yg sangat menawan. Jika anda terus penasaran dgn ujung jalan, anda akan sampai di sebuah tempat dgn gua yg dihuni oleh kalelawar. Disepanjang alur ini, anda dpt berenang sepuas-puasnya. Ya, berenang bersama ikan di air yang jernih dan dingin.

Foto2 dibawah ini adalah bagian dari Cukang Taneuh yg masih terjangkau oleh kamera dgn mengambil posisi diatas batu di depan pintu masuk. Utk menjangkau bagian hulu, kamera perlu dibawa dengan berenang. Padahal ini bagian yg paling cantik, tetapi sayang kameranya bukan waterproof.

Anak2 begitu suka perjalanan ini. Buat mereka ini pertama kalinya adventurer di air. Di lain waktu, mungkin kami akan bawa mereka terus ke ujung cukang taneuh memasuki gua. Yang tentu perlu persiapan yg lebih baik.

Cukang Taneuh cocok utk adventure bersama keluarga. Anak2 selalu menanyakan kapan kembali lagi kesana.
Green Canyon di Ciamis ???...
Salah satu objek wisata yang terkenal dengan tebing-nya. Terletak di kecamatan Cijulang desa Kertayasa, Ciamis. Untuk mencapai ke sana kira-kira 31 Kilometer dari pantai pangandaran. Setelah sampai di pintu masuk, pengunjung diwajibkan menyewa perahu seharga Rp. 70.000/perahu (mak. 6 orang). Jarak dari pintu masuk ke lokasi kurang lebihnya sekitar 20 menit.

Dalam perjalanan kita diperlihatkan dengan hutan-hutan yang tumbuh lebat di sampin kanan dan kiri sungai yang kita susuri. Terkadang hewan yang hidup di daerah pinggiran sungai itu sering menampakkan dirinya seperti biawak, ular, burung dll. Jika sebelumnya saat kita hendak menaiki perahu kita melihat ke air, ada beberapa jenis keong atau siput yang bentuknya unik. Air sungainya berwarna hijau tidak seperti air sungai kebanyakan yang berwarna bening atau coklat. Setelah 20 menit perjalanan menyusuri sungai, kita memasuki pelataran mulut gua dari Green Canyon.

Dan semua perahu berhenti di pelataran tersebut karena memang tidak ada jalan lagi (jalan tertutup batu karang besar). Untuk menikmati keindahan dari Green Canyon yang dikabarkan ada pancuran mas ini pengunjung harus berenang sesekali melewati batu cadas yang lumayan licin untuk menuju ke Pancuran Mas yang konon ceritanya bisa membuat orang bertambah kegantengannya bagi pria dan bertambah kecantikannya bagi wanita. Bagaimana ingin Ganteng atau Cantik ??? Terserah bagaimana anda menyingkapinya... (allahu'alam).
Namun jangan coba-coba menuju pancuran mas sendiri karena amat berbahaya selain kita belum mengetahui medan (jalur) dan kita juga belum tahu yang mana pancuran mas tersebut. Untuk itu si-penyewa perahu bersedia menjadi guide (pemandu) dengan biaya tambahan. Pemandu akan memberikan petunjuk yang jalan yang harus dilewati untuk menuju kesana. Setelah selesai berkunjung Jika anda datang pagi hari anda akan dikejutkan dengan perahu yang jumlahnya hampir sekitar 20 perahu yang berhenti sebuah pemandangan yang jarang dilihat.

Ada beberapa Catatan untuk anda yang ingin berkunjung ke objek wisata Green Canyon ini :
1. Hindari datang pada siang atau sore hari.
2. Pakailah pelampung pengaman saat berada di perahu dan saat berjalan menuju pancuran mas.
3. Bagi yang berkacamata usahakan kacamata anda diberikan tali/dilepas sewaktu menuju pancuran mas, karena tidak menutup kemungkinan kacamata anda akan terlepas saat berenang.
4. Jangan menginjak batu yang berwarna hijau, dikhawatirkan anda akan terpeleset.
5. Bersikaplah sewajarnya.


1 komentar

green canyon beda dengan grand canyon